• About
  • Pasang Iklan
  • Sitemap

Q2Art Complete

  • HOME
  • TUTORIAL
  • DOWNLOAD
  • SOCIAL MEDIA
  • CONTACT
    • Facebook
    • Google +
    • Twitter
  • NEWS
    • Sport
    • Art
    • Politic
Home » Uncategories » Kesenian Indonesia Teknik Pembuatan Gamelan

Kesenian Indonesia Teknik Pembuatan Gamelan

Unknown
Add Comment
Apr 12, 2016

.1.  Teknik Tempa Pada Gamelan Perunggu
  
Teknik tempa dengan pemanasan pada material gamelan dari perunggu dilakukan untuk membentuk material berupa lakaran menjadi bilah atau pencon. Lakaran yang dihasilkan dari proses pencetakan terdiri dari dua bentuk, yaitu persegi panjang untuk diproses menjadi instrumen berbentuk bilah dan berbentuk bulat diproses menjadi instrumen berbentuk pencon.

  Penempaan pada kedua jenis lakaran dilakukan dengan batas temperatur tempa yang disebut egean mealt. Bila temperatur melebihi batas maka perunggumenjadi sangat lunak, sehingga tempaan yang dilakukan akan meninggalkan bekas berupa ceruk atau cekungan yang terlalu dalam. Resiko yang paling fatal dapat terjadi bila tempaan menghasilkan wadur (lubang), sehingga perlu proses tambahan untuk menutup lubang tersebut. Bila temperatur material tersebut dibawah batas temperatur tempa, maka akan beresiko lebih paah, yaitu retak atau pecah. Keretakan kecil masih dapat diselamatkan dengan cara menutup bagian tersebut menggunakan las, tetapi bila retakan terlalu panjang maka material tersebut harus diproses ulang dengan cara dilebur dan dicetak kembali menjadi lakar.

  Proses penempaan dilakukan oleh panji sepuh sebagai penanggung jawab dibantu minimal dua pembantu untuk pengerjaan material yang kecil (gender barung, gender penerus, demung, saron ricik, dan peking) dan maksimal sebelas orang untuk pengerjaan gong ageng. Proses tersebut dilakukan secara berulang-ulang hingga mendapatkan bentuk serta ukuran yang telah ditentukan.

  Hingga saat ini, pelaksana pada proses pembuatan gamelan yang terdiri dari seorang panji sepuh (pemimpin di dalam besalen) beserta para pekerja yang membantunya mengukur batas temperatur tempa hanya dengan pengamatan secara visual. Kemampuan ini diperoleh berdasarkan pengalaman selama bertahun-tahun.

  Mikrostruktur pada logam perunggu yang dibentuk dengan proses pemempaan menujukan bentuk yang berbeda bila di bandingkan dengsn perunggu cetak.

       2 . Teknik Tempa Pada Gamelan Pamor
  Gamelan pamor memerlukan teknologi pemanasan pada proses pembuatan bakalan dan pembentukan material. Pembuatan bakalan dilakukan dengan menyatukan material berupa besi, baja dan pamor. Penyatuan ketiga material ditempuh dengan 3 metode, yaitu memanaskan, menempa dab melipat-lipat ketiga elemen tersebut hingga mendapatkan tingkat kepadatan, kekerasan dan kohesitas yang ditentukan.

       3 .Teknik Tempa Pada Bilah Saron Dari Baja
  Besi baja menjadi bahan pilihan untuk pembuatan bilah pada instrumen demung, saron ricik dan peking. Menurut pendapat beberapa pengrajin gamelan barut, bahwa baja mempunyai beberapa keistimewaan dibandingkan dengan logam besi biasa. Pertama, baja mempunyai tingkat kekerasan dan kepadatan yang lebih tinggi, sehingga secara fisik tidak mudah rusak karena patah atau berubah bentuk yang di akibatkan dari efek pukulan dari tabuh (mallet) yang terbuat dari kayu. Kedua, ketahanan terhadap tempaan pada saat dimainkan dengan tabuh dari kayu yang keras dan bobot yang berat sekalipun menjadi jaminan pada larasannya untuk tidak mudah berubah. Ketiga, lebih tahan terhadap proses korosi, sehingga materialnya lebih awet dan perawatannya lebih mudah dari pada besi biasa.
  Material baja biasanya menggunakan pegas (spring) berbentuk pelat dari kendaraan seperti becak, andong, mobil, bus atau truk. Bahan baku untuk bilah demung biasanya menggunakan pegas dari mobil, bus, truk, sedangkan saron ricik dan peking menggunakan material yang lebih tipis, misalnya pegas mobil, andong atau becak. Material gamelan dari baja mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada besi biasa. Pegas dari kendaraan mobil, bus atau truk diciptakan dengan peritungan mampu menahan beban hingga beberapa ton.
  Keistimewaan pada tingkat kekerasannya memerlukan proses dan perlakuan yang berbeda pula bila dibandingkan dengan besi biasa. Metode pemanasan pada pembuatan gamelan dari baja merupakan solusi untuk memperlunak material tersebut. Tanpa metode pemanasan maka sifat-sifat yang terdapat dalam pegas tersebut menjadi kendala yang sangat berat bagi pembuatnya. Sifatnya yang keras dan lentur mampu menahan beban yanng sangat berat, sedangkan kemampuan tempa para pekerja hanya sampai beberapa kilo saja.

  Tahapan yang diterapkan pada proses untuk membuat material berwujud bakalan bilah demung, saron ricik dan peking, mempunyai kesamaan pada tahapannya dengan proses pembentukan pada lakaran perunggu. Bakalan berupa potongan besi berbentuk persegi panjang kemudian di olah dengan metode pemanasan dan penempaan hingga medapatkan bentuk yang telah ditentukan. Sama halnya dengan pengerjaan pada material perunggu, baja juga mempunyai batas temperatur tempa, sehingga akan berakibat fatal bila melampaui batas egeant mealt. Kesalahan pada perhitungan batas temperatur tempa dapat menghasilkan bentuk tempaan yang tidak rata atau mengakibatkan bakalan bilah menjadi retak atau pecah. Material yang mengalami kegagalan pada proses pembentukannya tidak dilakukan pengerjaan lebih lanjut. Langkah yang biasa ditempuh pengrajin gamelan adalah dengan menggantikannya dengan bakalan yang lain dan memulai proses dari awal. (Posting by Mulyono)

Back To Home
Tweet

0 Response to "Kesenian Indonesia Teknik Pembuatan Gamelan"

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Post Populer

  • Seni Kriya Kulit
                    Pengertian Kulit Kulit adalah lapisan luar tubuh binatang yang merupakan suatu kerangka luar, tempat bulu binatang ...
  • Pengelaman Artistik
    Pengalaman estetik dapat di gunakan untuk kegiatan produksi seni atau penciptaan seni. Pengalaman estetik bila dilakukan sebagai dasar...
  • Psikologi Dalam Seni Rupa
    Psikologi dalam seni rupa Seni rupa mempunyai karakteristik tertentu yaitu dalam bidang seni rupa minsalka di seni lukis dan seni pat...
  • Hubungan Seni dan Manusia
    Manusia di nugerahi akal dan budi, hal ini membuat manusia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Manusia merupakan jenis mahluk lema...
  • Pengalaman Seni Intrinsik-ekstrinsik
    Sebuah pengalaman seni semakin murni apabila pengalaman itu semata-mata estetik, artinya sebuah karya seni dialami bukan demi apapun di l...

Komentar Terbaru

Blog Archive

Pengikut

About Me

Unknown
View my complete profile
Copyright 2016 Q2Art Complete - All Rights Reserved Design by Q2art - Modified by Q2art